Balai Besar Kimia dan Kemasan


Merupakan salah satu lembaga pemerintah di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian, yang memberikan pelayanan jasa teknis bidang kimia dan kemasan berupa litbang terapan, rancang bangun dan perekayasaan industri, pengujian, kalibrasi, sertifikasi produk, standardisasi, konsultansi dan pelatihan.

Perubahan dari Masa ke Masa


1938

Central Beeuraau Voor Techniche Onderzokingen

Tahun 1938 di Batavia Central (sekarang Jakarta Pusat) dengan nama Central Beeuraau Voor Techniche Onderzokingen yang kemudian berganti nama menjadi Central Beureaau Institute Techniche Onderzokingen dengan alamat Jl. Karang Anyar, Jakarta Pusat.
1950

Central Beureaau Institute Techniche Onderzokingen

Berganti nama menjadi Balai Penyelidikan Industri

1960

Badan Penelitian Industri

Bernaung dibawah PN. PR Mupiksa Yasa Departemen Perindustrian dengan nama Balai Penelitian Industri (BPI).

1968

Balai Penelitian Industri

Tahun 1968 Balai Penelitian Industri dikelola oleh lembaga Penelitian Industri dan Pendidikan Industri, Departemen Perindustrian.

1971

Balai Penelitian Industri

Balai Penelitian Industri dikelola oleh Pusat Penelitian Industri dan pengembangan Industri Kimia, Departemen Perindustrian.

1980

Balai Besar Industri Kimia

Berubah nama menjadi Balai Besar Industri KImia (BBIK) dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Departemen Perindustrian , dengan fungsi dan tugas diarahkan pada penelitian dan pengembangan sektor Industri Kimia, Khususnya Industri pupuk, Petrokimia dan fermentasi kimia organik.

1985

Berpindah Lokasi

Dipindah ke lokasi sekarang di Jl Balai Kimia No.1, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

2002

Balai Besar Kimia dan Kemasan

Tahun 2002 berubah menjadi Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK).